
Mengenal Personal Touch: Strategi Sederhana Jualan Laris Manis
Preferensi seseorang dalam memutuskan pembelian produk dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor utama adalah keterlibatan secara emosi dari pelanggan ke produk melalui layanan terbaik dari pembeli.
Melibatkan sisi emosional pembeli tidak hanya membuat seseorang membeli produk anda. Bahkan lebih jauh, cara ini akan membuat mereka menjadi setia dan ikut merekomendasikan produk atau toko anda ke orang lain dengan sukarela.
Bagi anda para pedagang atau pemilik toko online dan offline, ada baiknya mengenal teknik yang disebut dengan personalized marketing. Teknik ini memanfaatkan data dan preferensi dari masing-masing pembeli agar dapat melakukan strategi unik pada tiap individu. Hal yang paling penting untuk anda pahami di awal adalah mengenal personal touch.
Mengenal Personal Touch
Bagaimana perasaan anda ketika menerima paket pesanan dengan adanya kartu ucapan terima kasih berisi nama anda dari sebuah toko? Bagaimana perasaan anda ketika seorang customer service atau admin toko online menyapa anda dengan nama panggilan dan memposisikan diri sebagai teman curhat? Tentu anda akan senang bukan?
Inilah salah satu contoh dari penerapan personalized marketing dengan menyentuh titik personal (personal touch) dari tiap pembeli. Teknik marketing yang dibuat dengan lebih relevan bagi masing-masing pembeli anda.
Baca juga: Strategi Repeat Order Jualan Deodorant yang Sederhana, Mudah Dilakukan Siapa Saja
Untuk mengetahui personal touch mereka, penting bagi anda mengumpulkan data mengenai apa yang mereka suka dan tidak suka serta apa yang menjadi masalah serta solusi yang mereka harapkan. Tentu saja, data ini tidak bisa diperoleh dari proses yang instan kecuali anda menggunakan teknologi yang secara otomatis mengumpulkan data tentang pembeli anda.
Namun jangan khawatir. Jika bisnis atau toko anda masih skala kecil, anda bisa mengetahui personal touch pembeli dari proses interaksi melalui chat dengan menanyakan beberapa hal, seperti:
- kesibukan mereka sehari-hari
- masalah apa yang mereka harapkan solusinya dari sebuah produk
- jika memungkinkan, tanyakan hobi serta cerita menyenangkan mereka dalam satu hari
Kemampuan menggali informasi tanpa memata-matai adalah keharusan bagi siapa saja yang anda tugaskan sebagai CS atau admin. Berikan SOP yang jelas agar proses penggalian preferensi pelanggan anda tidak menjadi bumerang karena perasaan risih berkomunikasi dengan tim anda.
Memanfaatkan Personal Touch dalam Jualan
Data mengenai para pelanggan anda selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk sampai ke tahapan pembelian dan pengulangan belanja.
Berikut beberapa strategi selanjutnya:
1. Sapa Pelanggan Anda dengan Namanya
Anda tentu telah mengetahui nama pelanggan dari hasil chatingan sebelumnya. Hindari memanggil dengan panggilan template agar tidak terkesan berkomunikasi dengan robot. Contohnya, “Halo kak Sinta! Terima kasih telah menghubungi kami.” Cara ini juga akan membuat komunikasi jadi lebih hidup.
2. Berikan Pesan Pribadi pada Pesanan
Jika memungkinkan, letakkan pesan khusus pada kartu ucapan pada masing-masing pelanggan anda. Tuliskan sesuai dengan data mengenai mereka yang relevan dan unik.
3. Follow Up Setelah Proses Pembelian
Jangan meninggalkan pelanggan anda begitu saja. Jalin komunikasi berlanjut dengan mereka melalui layanan follow up. Anda bisa menanyakan, “Hai kak Sinta. Kaka udah coba ya produk kami? Gimana kesannya, sesuai harapan gak?” Cara ini menunjukkan anda bersedia mendengarkan cerita jujur mereka mengenai produk anda.
4. Jalin Pertemanan dengan Pelanggan
Sesekali, libatkan komunikasi yang lebih personal dengan mereka. Anda bisa membuka dengan pertanyaan, “Aku lihat produk kami kak Sinta gunakan di sebuah acara, OMG you look stunning!” Apresiasi ini akan membuat hubungan anda lebih hangat dengan mereka.
Baca juga: 5 Jenis Headline Copywriting untuk Jualan Deodorant
Teknik ini bisa diterapkan untuk berjualan produk apa saja. Deodorant spray Madeo juga menerapkan personalized marketing untuk menjalin hubungan yang lebih hangat dan nyaman bersama para pelanggan.
Gabung menjadi mitra deodorant spray Madeo dan dapatkan bimbingan jualan hingga laris manis!
Related Articles

7 Tips Keuangan dan Jualan untuk Ibu-Ibu di Rumah
Menjadi ibu rumah tangga bukan halangan untuk tetap produktif secara finansial. Banyak ibu-ibu za...
Read More
5 Langkah Memanfaatkan Tools AI Gratis untuk Jualan
Artificial Intelligence (AI) sudah jadi bagian yang dekat dengan kehidupan manusia di jaman moder...
Read More
Tips FB Pro Bagi Pemula yang Penting Diketahui
Kini penggunaan Facebook (FB) tak lagi sekadar untuk menjalin komunikasi perorangan, tapi sudah m...
Read More
8 Tips Jualan di Story Whatsapp Tanpa Spam
Siapa yang tidak familiar dengan WhatsApp (WA)? Aplikasi satu ini menjadi andalan hampir semua or...
Read More
Cara Budgeting THR Biar Gak Boncos
Tunjangan Hari Raya atau THR jadi salah satu hal yang paling dinantikan menjelang lebaran. Sesuai...
Read More