Mengetahui teknik marketing personalisasi (Gambar: Unsplash)
Mengetahui teknik marketing personalisasi (Gambar: Unsplash)

Mengenal Personal Touch: Strategi Sederhana Jualan Laris Manis

Preferensi seseorang dalam memutuskan pembelian produk dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor utama adalah keterlibatan secara emosi dari pelanggan ke produk melalui layanan terbaik dari pembeli.

Melibatkan sisi emosional pembeli tidak hanya membuat seseorang membeli produk anda. Bahkan lebih jauh, cara ini akan membuat mereka menjadi setia dan ikut merekomendasikan produk atau toko anda ke orang lain dengan sukarela.

Bagi anda para pedagang atau pemilik toko online dan offline, ada baiknya mengenal teknik yang disebut dengan personalized marketing. Teknik ini memanfaatkan data dan preferensi dari masing-masing pembeli agar dapat melakukan strategi unik pada tiap individu. Hal yang paling penting untuk anda pahami di awal adalah mengenal personal touch

Mengenal Personal Touch

Bagaimana perasaan anda ketika menerima paket pesanan dengan adanya kartu ucapan terima kasih berisi nama anda dari sebuah toko? Bagaimana perasaan anda ketika seorang customer service atau admin toko online menyapa anda dengan nama panggilan dan memposisikan diri sebagai teman curhat? Tentu anda akan senang bukan? 

Inilah salah satu contoh dari penerapan personalized marketing dengan menyentuh titik personal (personal touch) dari tiap pembeli. Teknik marketing yang dibuat dengan lebih relevan bagi masing-masing pembeli anda.

Baca juga: Strategi Repeat Order Jualan Deodorant yang Sederhana, Mudah Dilakukan Siapa Saja

Untuk mengetahui personal touch mereka, penting bagi anda mengumpulkan data mengenai apa yang mereka suka dan tidak suka serta apa yang menjadi masalah serta solusi yang mereka harapkan. Tentu saja, data ini tidak bisa diperoleh dari proses yang instan kecuali anda menggunakan teknologi yang secara otomatis mengumpulkan data tentang pembeli anda.

Namun jangan khawatir. Jika bisnis atau toko anda masih skala kecil, anda bisa mengetahui personal touch pembeli dari proses interaksi melalui chat dengan menanyakan beberapa hal, seperti:

  • kesibukan mereka sehari-hari
  • masalah apa yang mereka harapkan solusinya dari sebuah produk
  • jika memungkinkan, tanyakan hobi serta cerita menyenangkan mereka dalam satu hari

Kemampuan menggali informasi tanpa memata-matai adalah keharusan bagi siapa saja yang anda tugaskan sebagai CS atau admin. Berikan SOP yang jelas agar proses penggalian preferensi pelanggan anda tidak menjadi bumerang karena perasaan risih berkomunikasi dengan tim anda.

Memanfaatkan Personal Touch dalam Jualan

Data mengenai para pelanggan anda selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk sampai ke tahapan pembelian dan pengulangan belanja.

Berikut beberapa strategi selanjutnya:

1.          Sapa Pelanggan Anda dengan Namanya

Anda tentu telah mengetahui nama pelanggan dari hasil chatingan sebelumnya. Hindari memanggil dengan panggilan template agar tidak terkesan berkomunikasi dengan robot. Contohnya, “Halo kak Sinta! Terima kasih telah menghubungi kami.” Cara ini juga akan membuat komunikasi jadi lebih hidup.

2.           Berikan Pesan Pribadi pada Pesanan

Jika memungkinkan, letakkan pesan khusus pada kartu ucapan pada masing-masing pelanggan anda. Tuliskan sesuai dengan data mengenai mereka yang relevan dan unik. 

3.           Follow Up Setelah Proses Pembelian

Jangan meninggalkan pelanggan anda begitu saja. Jalin komunikasi berlanjut dengan mereka melalui layanan follow up. Anda bisa menanyakan, “Hai kak Sinta. Kaka udah coba ya produk kami? Gimana kesannya, sesuai harapan gak?” Cara ini menunjukkan anda bersedia mendengarkan cerita jujur mereka mengenai produk anda.

4.           Jalin Pertemanan dengan Pelanggan

Sesekali, libatkan komunikasi yang lebih personal dengan mereka. Anda bisa membuka dengan pertanyaan, “Aku lihat produk kami kak Sinta gunakan di sebuah acara, OMG you look stunning!” Apresiasi ini akan membuat hubungan anda lebih hangat dengan mereka.

Baca juga: 5 Jenis Headline Copywriting untuk Jualan Deodorant

Teknik ini bisa diterapkan untuk berjualan produk apa saja. Deodorant spray Madeo juga menerapkan personalized marketing untuk menjalin hubungan yang lebih hangat dan nyaman bersama para pelanggan. 

Gabung menjadi mitra deodorant spray Madeo dan dapatkan bimbingan jualan hingga laris manis!

Related Articles

Strategi Ampuh Jualan Madeo Deodorant Spray di Marketplace (Gambar: Unsplash)
Strategi Ampuh Jualan Madeo Deodorant Spray di Marketplace Tahun 2025

Di tengah persaingan yang makin ketat di dunia digital, marketplace tetap menjadi kanal yang menj...

Read More
Tips Jualan Efektif di Tengah Krisis Ekonomi (Gambar: Unsplash)
7 Tips Jualan Efektif di Tengah Krisis Ekonomi: Bertahan dan Tumbuh Bersama Madeo

7 Tips Jualan Efektif di Tengah Krisis Ekonomi: Bertahan dan Tumbuh Bersama MadeoKrisis ekonomi s...

Read More
Strategi Jualan Cerdas untuk Mitra Madeo (Gambar: Unsplash)
Strategi Jualan Cerdas untuk Mitra Madeo: Untung Cepat, Modal Hemat

Menjadi mitra Madeo Deodorant Spray adalah pilihan bisnis yang tepat, terutama di era meningkatny...

Read More
Tips Laris Jualan Madeo Deodorant
Tips Laris Jualan Madeo Deodorant: Solusi Nyata untuk Bau Ketiak Membandel

Banyak yang ingin mulai jualan produk perawatan diri, tapi bingung harus pilih yang seperti apa....

Read More
Tips Jualan Madeo Tanpa Ribet (Gambar: Unsplash)
Cara Jualan Madeo Deodorant Spray Lewat Word of Mouth dan Status WhatsApp

Menjadi mitra penjual Madeo Deodorant Spray adalah peluang yang menjanjikan, apalagi kalau tahu c...

Read More