Seorang pria menyusun copywriting untuk jualan deodorant (Photo by Unsplash)
Seorang pria menyusun copywriting untuk jualan deodorant (Photo by Unsplash)

5 Jenis Headline Copywriting untuk Jualan Deodorant

Tahukah Anda bahwa ada komponen dalam pemasaran yang tak kalah penting dari aspek visual atau desain? Artikel ini akan membahas komponen penting tersebut.

Dunia pemasaran sejatinya adalah bentuk komunikasi antara pemilik barang atau jasa dengan penggunanya. Jadi, untuk menunjang terjalinnya komunikasi yang efektif dan persuasif, sehingga dapat meningkatkan pembelian, diperlukan yang namanya copywriting. American Writers and Artist Institute menyebutkan copywriting adalah proses menulis materi pemasaran dan teks persuasif, guna memotivasi orang untuk melakukan tindakan seperti membeli, klik link, berdonasi, atau menjadwalkan konsultasi.  

Menyusun copywriting tak bisa dilakukan asal-asalan. Perlu teknik khusus agar audiens benar-benar mengambil tindakan yang kita targetkan, dan tujuan pemasaran pun dapat tercapai. Karena judul (headline) umumnya menjadi fokus awal audiens, maka kita akan bahas jenis-jenis copywriting untuk headline iklan. Agar lebih mempermudah, mari kita gunakan produk deodorant sebagai contoh.

Benefit Headline

Jenis copywriting ini menjelaskan keuntungan yang akan diperoleh setelah membeli atau menggunakan suatu produk. Keuntungan yang dimaksud bisa berupa keuntungan ekonomis maupun psikologis. 

Ingat! Anda perlu menyoroti keuntungan yang akan didapat audiens, bukan fitur produknya. Sebab bagi audiens yang baru mengenal produk Anda, penjelasan mengenai fitur mungkin tak akan memberikan gambaran jelas tentang manfaatnya.

Contoh benefit headline:

  • Beli 3pcs, free pouch cantik serbaguna.
  • Madeo Deodorant, bikin good mood dan segar seharian

List Headline

Copywriting satu ini sangat cocok untuk konten artikel website. Anda dapat menggunakan list headline untuk judul artikel yang membahas tips, tutorial, dan rekomendasi. Ciri khas dari list headline adalah penulisan angka untuk menggambarkan kepadatan informasi yang akan audiens dapat dari artikel terkait. 

Contoh list headline:

  • 6 tips tampil percaya diri saat menghadiri interview kerja
  • 5 hal pada cowok yang bikin cewek ilfeel, nomor 4 paling sering terjadi

Persuasive Headline

Tujuan dari persuasive headline adalah mempengaruhi emosi, minat, dan keinginan pembaca. Karena bertujuan memancing minat audiens untuk lanjut membaca atau melakukan tindakan tertentu, maka jenis headline ini biasa menggunakan teknik yang kuat, seperti pendekatan emosional atau data statistik yang menarik perhatian.

Contoh persuasive headline:

  • Masa remajanya dibully karena bau badan. Baca kisah lengkap Rara disini!
  • 75% remaja mengalami bau badan, apa penyebabnya?

Curiousity Headline

Anda bisa menggunakan curiousity headline untuk membuat copywriting jualan deodorant pada email marketing, artikel informatif, dan konten teka-teki. Jenis headline ini digunakan untuk memancing rasa penasaran pembaca, sehingga mereka akan membaca konten Anda lebih lanjut.

Contoh Curiousity Headline:

  • Sepele tapi hal ini bikin bau badanmu menyengat.
  • Begini cara saya tampil segar meski sering ikut marathon belasan kilometer.

Urgent Headline

Copywriting jualan deodorant menggunakan urgent headline bertujuan untuk membuat pembaca FOMO (Fear of Missing Out) atau takut ketinggalan jika tidak mengikuti atau mengambil suatu tindakan segera. Jenis copywriting ini cocok untuk menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan promosi produk.

Contoh Urgent Headline:

  • Jangan tunda sampai bau badan mengikis kepercayaan dirimu! Stok Madeo sekarang!
  • Stok varian ini terbatas. Yuk langsung gas!

Itu tadi jenis headline copywriting jualan deodorant beserta contohnya. Anda bisa memodifikasinya sesuai kreativitas dan kebutuhan. Agar lebih menarik, Anda juga perlu menerapkan tips praktis berikut:

  • Analisis kebutuhan audiens
  • Pahami keunggulan produk atau jasa Anda yang mampu menjawab kebutuhan audiens
  • Tambahkan ajakan bertindak (Call to Action) yang sesuai
  • Manfaatkan update atau tren terbaru


Jadi, jenis copywriting headline mana yang sudah pernah Anda gunakan?

Related Articles

Belajar jualan online tidak mustahil bagi ibu ibu (Gambar: Unsplash)
7 Tips Keuangan dan Jualan untuk Ibu-Ibu di Rumah

Menjadi ibu rumah tangga bukan halangan untuk tetap produktif secara finansial. Banyak ibu-ibu za...

Read More
Cara jualan dengan HP dan pemanfaatan tools AI gratis untuk membuat konten (Photo by rawpixel.com on Freepik)
5 Langkah Memanfaatkan Tools AI Gratis untuk Jualan

Artificial Intelligence (AI) sudah jadi bagian yang dekat dengan kehidupan manusia di jaman moder...

Read More
Panduan cara dapat uang dari FB Pro untuk pemula (Gambar: Unsplash)
Tips FB Pro Bagi Pemula yang Penting Diketahui

Kini penggunaan Facebook (FB) tak lagi sekadar untuk menjalin komunikasi perorangan, tapi sudah m...

Read More
Tips jualan di story WA agar tidak spam dan banjir orderan (Gambar: Freepik)
8 Tips Jualan di Story Whatsapp Tanpa Spam

Siapa yang tidak familiar dengan WhatsApp (WA)? Aplikasi satu ini menjadi andalan hampir semua or...

Read More
Memulai Bisnis Modal Kecil Menggunakan Dana THR (Gambar: Freepik.com)
Cara Budgeting THR Biar Gak Boncos

Tunjangan Hari Raya atau THR jadi salah satu hal yang paling dinantikan menjelang lebaran. Sesuai...

Read More