
Tips FB Pro Bagi Pemula yang Penting Diketahui
Kini penggunaan Facebook (FB) tak lagi sekadar untuk menjalin komunikasi perorangan, tapi sudah merambah pada kepentingan materi juga. Kalau Anda ingin mengetahui cara dapat uang dari FB, maka Anda berada di artikel yang tepat.
Cara Dapat Uang dari FB
Apakah Anda pernah mendengar Facebook Professional atau FB Pro?
Fitur ini sebenarnya sudah tersedia sejak lama, tapi dulu hanya bisa diakses apabila seseorang mengelola Halaman Publik. Bedanya sekarang fitur ini juga bisa digunakan pada profil pribadi.
Ketika diaktifkan maka profil pengguna otomatis berubah menjadi Kreator Digital. FB Pro memungkinkan penggunanya mengakses fitur profesional, mendapat fitur keamanan yang telah ditingkatkan, dan dapat dimonetisasi jika memenuhi sejumlah persyaratan.
Tertarik mencoba? Berikut langkah aktivasinya:
- Buka profil Facebook
- Klik ikon tiga titik di sisi kanan
- Pilih “Aktifkan Mode Profesional”
- Isikan beberapa data pribadi
- Mulai buat konten, bisa berupa gambar, video, reels, ataupun siaran langsung
Monetisasi Konten
Monetisasi adalah proses menghasilkan uang dari konten. Syarat utama yang harus dipenuhi adalah minimal usia 18 tahun.
Beberapa cara ini berpotensi bisa dimonetisasi oleh FB Pro:
1. Iklan di reels
Menempatkan iklan secara langsung di reels yang diunggah secara publik. Kreator disyaratkan memiliki minimal 10.000 pengikut dan sudah membagikan minimal 15 reels dalam 90 hari terakhir.
2. Iklan in-stream
Cocok untuk konten video panjang. Kreator menyisipkan iklan pendek di awal, tengah, dan akhir konten. Kreator harus punya minimal 10.000 pengikut dan memenuhi 600.000 menit tayang dalam 60 hari terakhir.
3. Langganan
Jika Anda memiliki sejumlah penggemar loyal maka fitur ini bisa dioptimalkan. Penuhi syarat minimal 10.000 pengikut dan 250 pengembalian dalam 28 hari terakhir.
Tips FB Pro untuk Pemula
1. Bukan Sekadar Ngonten, Tapi Harus Berkualitas
Awali pembuatan konten dengan melakukan analisis audiens, meliputi umur, gender, demografi tempat tinggal, ketertarikan, value, dan sebagainya. Harapannya ini bisa menjadikan konten lebih tepat sasaran, sehingga nilai kebermanfaatannya bisa tercapai.
Selanjutnya konten dikemas dengan visual yang menarik, baik segi desain, copywriting, hashtag, backsound, dan hal lain yang mendukung. Usahakan mengunggah konten secara rutin karena konsistensi berperan penting terhadap kesuksesan di FB pro. Seperti Madeo deodorant yang konsisten mengatasi bau badan dan menyegarkan hingga 48 jam.
2. Terlibat Aktif dengan Audiens
Tak jarang kreator mengajak audiens untuk berinteraksi dalam kontennya, tapi banyak yang “menghilang” setelahnya. Jika ingin berhasil, jangan lakukan ini!
Sebagai kreator Anda harus terlibat interaksi aktif dengan audiens. Bisa dengan mengadakan sesi Q&A, giveaway, berinteraksi di grup, atau melibatkan audiens dalam pembuatan konten. Ketika audiens sudah terlibat, jangan lupa memberikan tanggapan atau apresiasi terbaik Anda.
3. Manfaatkan Fitur yang Tersedia
Apakah FB Pro untuk pemula terasa sulit?
Tenang! Ada banyak fitur yang bisa bantu meningkatkan performa konten Anda, yaitu:
- Creator Studio: mengelola dan menganalisis konten
- Insights: mengetahui performa konten dan audiens
- Monetization: menghasilkan uang dari konten, dengan syarat tertentu
- Branded Content: kolaborasi berbayar bersama brand
- Live streaming: menjalin interaksi real-time dengan audiens
- Stories: membagikan momen interaktif dalam durasi singkat
- Polls: mengadakan poling dengan audiens
4. Perhatikan Aturan Agar Terhindar dari Shadowban
Shadowban adalah pembatasan konten tanpa pemberitahuan. Kalau ini terjadi maka konten tidak akan dimunculkan pada timeline pengguna lain, dan hanya bisa dilihat pengguna/ kreator sendiri.
- Berikut tips FB pro untuk pemula agar terhindar dari shadowban:
- Patuhi Standar Komunitas Facebook
- Hanya gunakan hashtag yang relevan dengan konten
- Hindari spam, misalnya penggunaan template tertentu untuk menjawab komentar
- Bangun interaksi secara organik
5. Manfaatkan Iklan dengan Baik
Salah satu cara dapat uang dari FB adalah melalui iklan. Jadi pastikan Anda menggunakannya dengan bijak, salah satunya dengan menampilkan iklan yang relevan dengan audiens. Anda juga perlu mengkombinasikan konten organik dengan iklan berbayar untuk mendongkrak performa akun.
Baca juga: Teknik Storytelling untuk Jualan Laris Manis di Media Sosial
Related Articles

7 Tips Keuangan dan Jualan untuk Ibu-Ibu di Rumah
Menjadi ibu rumah tangga bukan halangan untuk tetap produktif secara finansial. Banyak ibu-ibu za...
Read More
5 Langkah Memanfaatkan Tools AI Gratis untuk Jualan
Artificial Intelligence (AI) sudah jadi bagian yang dekat dengan kehidupan manusia di jaman moder...
Read More
8 Tips Jualan di Story Whatsapp Tanpa Spam
Siapa yang tidak familiar dengan WhatsApp (WA)? Aplikasi satu ini menjadi andalan hampir semua or...
Read More
Cara Budgeting THR Biar Gak Boncos
Tunjangan Hari Raya atau THR jadi salah satu hal yang paling dinantikan menjelang lebaran. Sesuai...
Read More
Ide Jualan Hampers untuk Lebaran 2025
Saling berkirim hampers di momen lebaran sudah menjadi budaya di masyarakat kita, tapi seiring be...
Read More