
Storytelling Hingga Social Proof: Srategi Laris Jualan Deodorant di Era Digital
Inovasi teknologi tidak pernah berhenti. Setiap hari, ada saja perbaruan atau bahkan penemuan teknologi dan strategi baru yang diharapkan lebih memudahkan kehidupan sehari-hari. Tidak terkecuali di bidang bisnis dan penjualan.
Jika kita melihat beberapa tahun ke belakang, nampak jelas perbedaan strategi melariskan sebuah produk. Yang dulunya lebih ditekankan untuk melakukan penjualan secara offline, saat ini sudah banyak dialihkan ke penjualan online. Tentu, semua pebisnis atau tim penjualan harus segera mampu beradaptasi.
Pemasaran secara online atau yang dikenal dengan digital marketing sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2000 awal namun belum semasif sekarang. Percepatan digitalisasi terjadi saat pandemi 2020 melanda seluruh dunia. Banyak sektor produk yang semula fokus pada penjualan offline, segera mengalihkan fokus ke penjualan dan pemasaran secara online.
Peran Digital Marketing Bagi Penjualan Deodorant
Digital marketing dapat dimanfaatkan ke berbagai jenis produk atau jasa yang ingin ditawarkan pada pelanggan, tak terkecuali produk bodycare seperti deodorant. Salah satu produk deodorant yang mengencangkan penjualan lewat jalur digital marketing adalah Madeo Deodorant Spray.
Memaksimalkan kinerja digital marketing pada umumnya pertujuan untuk menguatkan branding di pasar. Namun ada banyak tujuan lain yang memungkinkan untuk dicapai dengan proses digital marketing, di antaranya meningkatkan angka penjualan serta menjalin hubungan yang baik dengan customer.
Salah satu teknik digital marketing yang sering digunakan Madeo Deodorant Spray adalah Storytelling dan Social Proof. Apa itu? Simak penjelasannya di bawah:
Mengenal Teknik Storytelling dan Social Proof
Sederhananya, storytelling adalah teknik penjualan yang memanfaatkan cerita atau studi kasus yang berkaitan dengan produk yang ingin ditawarkan. Penyusunan alur storytelling dan keunikan cerita akan menjadi nilai tambah kualitas dari sebuah storytelling.
Ada banyak brand yang menggunakan teknik storytelling, di antaranya iklan legendaris Sirup Marjan, iklan Go Food by Gojek dan iklan parfum HMNS. Termasuk produk deodorant spray Madeo, juga membuat materi iklan dengan susunan storytelling pada beberapa konten digital.
Kelebihan dari storytelling adalah seseorang atau suatu produk dapat melakukan penjualan tanpa harus terlihat jelas sedang menjual. Istilah marketingnya adalah soft selling. Pembeli pun tidak merasa risih menyimak cerita kita karena tidak merasa sedang ditawarkan sesuatu. Mereka tertarik untuk menyimak karena cerita yang dibawakan kemungkinan relate dengan kehidupan mereka.
Storytelling yang unik juga dapat meningkatkan reputasi dan kelekatan suatu produk pada konsumen. Seperti saat kita menyimak iklan Sirup Marjan, maka kita sudah dapat merasakan vibes bulan Ramadhan.
Adapun social proof adalah pengakuan dari orang lain mengenai kualitas dari sebuah produk. Bentuknya bermacam-macam, seperti testimoni pelanggan, review dari influencer yang kredibel atau dari cerita orang-orang di kehidupan luar sosial media.
Social proof yang baik hanya akan anda dapatkan saat produk yang ditawarkan dalam kualitas yang baik. Tentu saja masih ada sebagian orang yang tidak cocok dengan produk yang anda tawarkan. Tapi fokus pada mereka yang memberi review dan ulasan yang real, menyeluruh dan sebisa mungkin edukatif.
Anda bisa menghargai komentar mereka dengan menjadikannya sebagai bahan promosi selanjutnya sebagai bukti bahwa ada banyak orang yang menyukai produk anda.
Madeo deodorant spray adalah salah satu produk yang bertumbuh lebih baik di era digital. Adanya media sosial, marketplace dan segala platform digital lain semakin meluaskan jangkauan area pemasaran dan penjualan produk.
Related Articles

7 Tips Keuangan dan Jualan untuk Ibu-Ibu di Rumah
Menjadi ibu rumah tangga bukan halangan untuk tetap produktif secara finansial. Banyak ibu-ibu za...
Read More
5 Langkah Memanfaatkan Tools AI Gratis untuk Jualan
Artificial Intelligence (AI) sudah jadi bagian yang dekat dengan kehidupan manusia di jaman moder...
Read More
Tips FB Pro Bagi Pemula yang Penting Diketahui
Kini penggunaan Facebook (FB) tak lagi sekadar untuk menjalin komunikasi perorangan, tapi sudah m...
Read More
8 Tips Jualan di Story Whatsapp Tanpa Spam
Siapa yang tidak familiar dengan WhatsApp (WA)? Aplikasi satu ini menjadi andalan hampir semua or...
Read More
Cara Budgeting THR Biar Gak Boncos
Tunjangan Hari Raya atau THR jadi salah satu hal yang paling dinantikan menjelang lebaran. Sesuai...
Read More