
Cara Meyakinkan Pembeli Agar Tidak diPHP, Pakai 3 Cara Ini
Apakah Anda pernah bertemu calon pembeli yang sudah banyak tanya tentang produk tapi ujung-ujungnya menghilang begitu saja? Padahal Anda sudah yakin sekali kalau produk yang dijual kualitasnya terjamin, harganya pun terjangkau.
Lalu, bagaimana cara meyakinkan pembeli supaya benar-benar mau mengeluarkan uangnya untuk produk Anda? Coba tiga cara ampuh ini!
Bagikan Testimoni Positif Dari Pembeli Sebelumnya
Inilah pentingnya menanyakan testimoni dari setiap orang yang pernah membeli produk Anda. Kalau testimoninya positif maka bisa digunakan sebagai alat untuk “memancing” pembelian berikutnya. Kalau negatif maka bisa menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan mutu produk, layanan, atau hal lain yang berkaitan.
Selain mengumpulkan testimoni, akan lebih baik lagi jika Anda mengumpulkannya sesuai masalah yang sama atau serupa. Hal ini akan sangat memudahkan saat Anda menunjukkan pada calon pembeli. Dengan melihat bahwa masalah serupa bisa teratasi dengan produk Anda, harapannya bisa membuat mereka lebih yakin untuk membeli.
Sebagai contoh jika Anda menjual produk Madeo deodorant, maka kumpulkan testimoni mengenai keampuhannya mengusir bau badan seharian dalam satu folder. Lalu folder lain berisi testimoni yang membuktikan bahwa produk ini tidak meninggalkan noda di pakaian, begitupun seterusnya.
Jika memiliki budget lebih, coba jalankan influencer marketing. Testimoni dari influencer dan figur inspiratif lain sering menjadi salah satu cara meyakinkan pembeli yang terkenal ampuh.
Berikan Kesempatan untuk Mencoba Secara Gratis
Tidak ada salahnya memberikan free sample atau free trial kepada calon pembeli yang masih terkesan ragu. Karena tentu sebelum membeli mereka ingin memastikan produk yang dibeli benar-benar sesuai dengan harapan. Kalau mereka memiliki first impression yang baik, bisa jadi memutuskan untuk beli berkali-kali lipat dan bahkan repeat order (membeli berulang) setelahnya.
Setelah mencoba sampel gratis selanjutnya tanyakan pendapat mereka mengenai produk Anda. Lalu perkuat keyakinan mereka dengan memberikan penjelasan ulang tentang produk.
Ada beberapa cara pembagian sampel gratis untuk memaksimalkan manfaat yang didapat:
1. Buat Strategi Bundling
Calon pembeli mungkin akan merasa ragu untuk membeli produk yang kurang populer. Strategi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyatukannya bersama produk yang sudah populer di toko Anda.
Selain bisa meningkatkan potensi terjualnya produk populer, cara ini juga bisa menjadi solusi terjualnya produk kurang populer yang mungkin sempat jadi dead stock dan berpeluang mendatangkan konsumen baru. Mengutip sebuah artikel dari ukmindonesia.id, para pelaku UMKM juga sering menggunakan strategi ini karena penggunaan biaya yang dinilai lebih efektif.
2. Buat ukuran lebih kecil
Mengapa harus dibuat lebih kecil? Pertama, dengan ukuran kecil calon pembeli mungkin akan merasa lebih penasaran dan akhirnya memutuskan untuk beli full sizenya. Kedua, Anda tetap harus memperhatikan cash flow bisnis. Sebab pembuatan ukuran produk yang lebih kecil pastinya akan lebih menekan biaya yang dikeluarkan.
Berikan Garansi
Setelah menunjukkan testimoni dan memberikan sampel gratis, cara meyakinkan pembeli yang pamungkas adalah dengan memberikan garansi. Ya, garansi adalah bentuk after sales service yang membuat calon pembeli merasa aman atas produk yang akan dibelinya.
Selain menjadi salah satu cara meyakinkan pembeli, pemberian garansi juga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk atau toko Anda. Bahkan cara ini juga bermanfaat untuk mengontrol kualitas produk sehingga bisa mengurangi potensi kerugian.
Agar calon pembeli semakin yakin, jangan lupa untuk menginformasikan garansi produk secara jelas dan rinci. Beberapa hal yang harus diinformasikan adalah masa berlaku, jenis kerusakan yang ditanggung, serta prosedur untuk klaim.
Demikian penjelasan tentang cara meyakinkan pembeli agar tidak berakhir di-PHP. Cara mana yang pernah Anda terapkan dalam bisnis?
Related Articles

Strategi Ampuh Jualan Madeo Deodorant Spray di Marketplace Tahun 2025
Di tengah persaingan yang makin ketat di dunia digital, marketplace tetap menjadi kanal yang menj...
Read More
7 Tips Jualan Efektif di Tengah Krisis Ekonomi: Bertahan dan Tumbuh Bersama Madeo
7 Tips Jualan Efektif di Tengah Krisis Ekonomi: Bertahan dan Tumbuh Bersama MadeoKrisis ekonomi s...
Read More
Strategi Jualan Cerdas untuk Mitra Madeo: Untung Cepat, Modal Hemat
Menjadi mitra Madeo Deodorant Spray adalah pilihan bisnis yang tepat, terutama di era meningkatny...
Read More
Tips Laris Jualan Madeo Deodorant: Solusi Nyata untuk Bau Ketiak Membandel
Banyak yang ingin mulai jualan produk perawatan diri, tapi bingung harus pilih yang seperti apa....
Read More
Cara Jualan Madeo Deodorant Spray Lewat Word of Mouth dan Status WhatsApp
Menjadi mitra penjual Madeo Deodorant Spray adalah peluang yang menjanjikan, apalagi kalau tahu c...
Read More